Maskapai asal Dubai Emirates telah membuka rute di Indonesia bertahun-tahun. Mereka telah menerbangkan 6,8 juta WNI ke seluruh dunia. Indonesia memang pasar yang penting.
Sejak tahun 1992 berada di Indonesia, Emirates juga menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar besarnya. Seperti yang diutarakan oleh Rashid Al Ardha, Country Manager Emirates Indonesia, hal ini dipengaruhi beberapa faktor dengan sejumlah potensi yang baik.
"Sejak 1992, Emirates telah menerbangkan masyarakat Indonesia ke banyak destinasi, memberikan pengalaman dan inspirasi baru, serta menghubungkan dengan dunia. Kami bangga menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan dengan potensi luar biasa yang dimiliki oleh Indonesia. Kami melihat Indonesia sebagai pasar utama dalam strategi pertumbuhan global kami," kata dia dalam Media Gathering Emirates di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (22/8/2019)
Menurut Rashid, ada sejumlah aspek utama yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar utama Emirates. Yang pertama, adalah Indonesia dengan rakyat terbanyak yang berpotensi menjadi pasar penerbangan. Begitupun dengan sifat orang Indonesia yang gemar berwisata atau bepergian.
"Indonesia memiliki populasi 260 juta orang, banyak yang berpotensi (menjadi pasar). Mereka gemar bepergian dengan demand yang besar, dalam bentuk grup wisata atau haji dan sebagainya," kata Rashid.
Yang kedua, Indonesia merupakan negara dengan penetrasi digital atau internet paling besar. Orang Indonesia sangat akrab dengan dunia digital termasuk saat traveling. Kebiasaan orang Indonesia yang gemar bermain sosmed maupun mencari informasi di internet membuat Emirates mendorong promosi kepada masyarakat Indonesia.
"Dari kebiasaan orang Indonesia, misalnya sedang traveling posting di Instagram, mencari referensi itulah yang kita jadikan pasar. Mencari tiket pun kini mudah melalui sejumlah Online Travel Agent," tambah dia.
Namun, menurut Rashid, Indonesia harus lebih kompetitif dalam persaingan. Menurutnya, salah satu faktor lain yang menjadikan Indonesia pasar besar Emirates adalah persaingan yang minim.
Misalnya saja, Emirates hanya bersaing sedikit dengan maskapai Garuda Indonesia. Menurutnya, hanya beberapa rute yang dijadikan saingan. "Misalnya saja Jakarta ke Amsterdam, dan Jakarta ke Jeddah. Sisanya kita berkompetisi dengan maskapai lain," ujar dia.
Rashid juga menambahkan, bahwa persaingan maskapai di Asia sangat menarik dan kompetitif. Emirates pun menyambut baik akan hal ini. Menurutnya, hal ini baik untuk terus berinovasi.
"Kami sangat suka kompetisi, hal ini yang memunculkan ide dan inovasi baru. Pasar Asia memang besar, banyak yang mirip dari segi fasilitas dan armada terbaru. Namun inilah yang mendorong kita untuk melakukan berbagai ide-ide segar," tutupnya.
Cara Jadi TKI RedDoorz Bergaji Rp 10 Juta/Bulan
RedDoorz bikin lomba soal dunia pariwisata Indonesia. Hadiahnya cukup menggiurkan, yakni digaji Rp 10 juta per bulan.
Marketing Director RedDoorz Indonesia Sandy Maulana, mengatakan bahwa program Tenaga Kerja Impian (TKI) dilatarbelakangi generasi milenial yang jadi sumber inspirasi dalam hal dunia traveling sekarang. Utamanya destinasi Indonesia masih banyak perlu dijelajahi.
"Kalau dari kita harus di Indonesia karena banyak di Indonesia yang bagus. Mungkin blm ada kesempatan atau terkendala biaya. Kita pengen bantu promosi Indonesia dan banyak milenial banyak pengen jalan bikin konten lalu kita bikin program ini," kata Sandy dalam acara peluncuran Tenaga Kerja Impian RedDoorz di Jakarta, Kamis (22/8/2019).
Bagaiamana mekanisme menjadi TKI dari RedDoorz?
"Cukup gampang. Kalian bikin konten foto dan video traveling menurut versimu lalu unggah ke Instagram dan mention kita juga pakai tagar #TenagaKerjaImpian dan #BukaRedDoorz," jelas dia.
"Pembukaan dari 12 Agustus-16 September. Yang lolos seleksi akan kita undang ke Jakarta dan interview sebanyak 3 orang pemenang," imbuhnya.
RedDoorz menegaskan bahwa pihaknya ada di puluhan kota di Indonesia dan ikut menunjang dunia pariwisatanya. Banyaknya destinasi bikin RedDoorz ingin milenial mencintai destinasi Indonesia.
"Mereka yang menang nanti akan digaji Rp 10 juta per bulan selama tiga bulan. Siapapun bisa. Kita training bikin konten yang baik. Kita kirim ke kota yang telah direncanakan dan semua akomodasi gratis," ujar Henri.
"Lalu kontennya bisa diunggah dan menginspirasi yang lain," imbuh dia.
Apa tujuan akhir dari TKI RedDoorz? Jadi, pihak perusahaan ingin masyarakat Indonesia bisa kenal destinasi, budaya dan lalu mencintainya.
"Saat pariwisata Indonesia maju dan RedDoorz ingin ikut dalam prosesnya. Kita sudah memulai bekerja sama dengan agen travel tapi skala belum besar. Ke depan kita lihat kesempatan bekerja sama dengan travel agent lokal," pungkas dia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar