Hubungan dagang antara Indonesia dengan China sangat erat. Bahkan kedua negara memiliki peran yang cukup besar dalam neraca perdagangan masing-masing negara. Sepertu Indonesia yang terbukti sangat bergantu dengan negeri Tirai Bambu.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kinerja neraca dagang Indonesia masih didominasi oleh kontribusi China pada November 2020. Ekspor dan impor nasional tercacat paling besar ke dan dari China.
Untuk kinerja ekspor, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan terjadi peningkatan nilai ekspor Indonesia sebesar US$ 461,8 juta ke China selama bulan November 2020. Setelah China ada negara Malaysia, Pakistan, Jepang, dan India.
"Kalau kita lihat berdasarkan negara tujuan, peningkatan ekspor selama November terjadi untuk tujuan Tiongkok di mana totalnya bertambah US$ 461,8 juta, dan barang utama besi dan baja, bahan bakar mineral," kata Suhariyanto dalam video conference, Selasa (15/13/2020).
Untuk nilai ekspor ke Malaysia, Suhariyanto bertambah sebesar US$ 158,1 juta, ke Pakistan bertambah US$ 128,9 juta, ke Jepang bertambah US$ 124,2 juta, dan India bertambah US$ 87,9 juta.
"Sebaliknya yang mengalami penurunan ke Swiss sebesar US$ 136,4 juta, lalu ke Spanyol, Vietnam, Filipina dan Myanmar juga turun," jelasnya.
Dengan peningkatan dan penurunan kinerja ekspor tersebut, maka pangsa ekspor non migas nasional masih tidak berubah, dikatakan Suhariyanto posisi pertama masih diduduki oleh China dengan share 22,87% atau setara US$ 3,32 miliar. Selanjutnya disusul oleh Amerika Serikat (AS) share-nya sebesar 11,06%, lalu Jepang sebesar 8,18%, dan India sebesar 6,64%.
Sementara untuk negara ASEAN share-nya sebesar 20,86% atau setara US$ 3,03 miliar dan Uni Eropa share-nya sebesar 7,62% atau setara US$ 1,11 miliar.
Sedangkan untuk kinerja impor, BPS mencatat terjadi peningkatan nilai impor dari negeri Tirai Bambu sebesar US$ 1,09 miliar disusul oleh Jepang sebesar US$ 226 juta, Hong Kong sebesar US$ 124,6 juta, Kanada sebesar US$ 92,7 juta, dan Taiwan sebesar US$ 84,9 juta.
Sementara nilai impor Indonesia yang mengalami penurunan sangat dalam, dikatakan Suhariyanto adalah ke Ukraina yaitu sebesar US$ 76,9 juta, lalu Singapura sebesar US$ 65,7 juta, Malaysia sebesar US$ 49,4 juta, Hungaria sebesar US$ 49 juta, dan Uni Emirat Arab sebesar US$ 27,4 juta.
"Tetapi berdasarkan negara asal tidak berubah, impor utama kita masih dari Tiongkok sebesar US$ 3,89 miliar, artinya kontribusinya 33,61%, berikutnya dari Jepang, Amerika Serikat, Singapura, dan Korea Selatan," ungkapnya.
"Kalau dari ASEAN sebesar 16,48% atau US$ 1,91 miliar, dan Uni Eropa 7,67% atau US$ 0,89 miliar," tambahnya.
BPS mencatat neraca dagang Indonesia surplus US$ 2,61 miliar pada November 2020. Surplus dikarenakan nilai ekspor lebih besar daripada impor. Adapun nilai ekspor tercatat US$ 15,28 miliar dan nilai impor sebesar US$ 12,66 miliar.
https://kamumovie28.com/movies/pohon-terkenal/
Deretan Seleb Asia Paling Berpengaruh, Blackpink Punya Harta Berlimpah
Deretan artis Asia dikumpulkan oleh Forbes ke dalam daftar 100 Digital Stars. Daftar tersebut berisikan penyanyi, bintang film hingga band yang memiliki pengaruh besar di dunia digital. Blackpink ada di papan teratatas.
Daftar ini menunjukkan mereka para artis memiliki pengaruh besar di media sosial dengan jumlah pengikut setia yang sangat banyak. Pengaruh itu diukur dari berbagai platform media sosial.
Melansir Forbes, Forbes Asia membuat daftar ini dengan mengkombinasikan antara seberapa luas jangkauan dan keterlibatan mereka dari media sosialnya. Selain itu dipertimbangkan juga karir, bisnis hingga dampak terhadap endorsement brand.
1. Blackpink
Girl band yang terdiri dari Lisa, Rose, Jennie dan Jisoo ini merupakan artis Korea Selatan yang sangat berpengaruh di media sosial. Lisa bahkan memiliki 42 juta followers yang membuat dia menjadi global brand ambassador untuk Celine. Begitu juga dengan rekan-rekannya, seperti Jennie untuk brand Chanel, Jisso untuk Dior dan Rose untuk Saint Laurent.
2. Jackson Yee
Pria berusia 20 tahun itu merupakan member dari band TFBoys. Pria dengan nama asli Yi Yiangqianxi memulai karirnya di 2019 dengan berakting di film Better Days. Dari film itu dia meraih penghargaan sebagai Best New Performer dari Hong Kong film Awards. Ketenaran itu membuat dia memiliki followers sebanyak 89 juta di platform Weibo. Dari followers itu dia dipercaya oleh brand Emporio Armani dan Tiffany & Co.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar