Selama pandemi, platform teknologi seperti Tokopedia semakin menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian hingga berbisnis. Terlihat dari pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia yang saat ini mencapai lebih dari 100 juta, atau meningkat lebih dari 10 juta jika dibandingkan sebelum pandemi. Peningkatan yang sama terjadi dalam jumlah penjual.
"Kini ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%-nya UMKM. Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari lalu," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Senin (28/12/2020).
Lebih lanjut Ekhel membeberkan berdasarkan data internal Tokopedia, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Perawatan Hewan, Buku dan Pertukangan menjadi lima kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi, terutama menjelang akhir tahun 2020 ini.
1. Makanan dan Minuman
Transaksi kategori Makanan dan Minuman meningkat lebih dari 3 kali lipat menjelang akhir tahun. Produk sembako lokal seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras menjadi produk paling dicari masyarakat belakangan ini.
2. Kesehatan
Kategori Kesehatan juga meningkat lebih dari 3 kali lipat. Masker tetap menjadi produk yang paling diburu masyarakat.
3. Perawatan Hewan
Memelihara hewan ternyata menjadi hobi yang semakin naik daun. Ini mendorong peningkatan transaksi pada kategori Perawatan Hewan di Tokopedia menjadi lebih dari 3 kali lipat. Akuarium, makanan kucing, ikan dan anjing menjadi produk paling laris.
4. Buku
Selain memelihara hewan, membaca pun semakin diminati selama pandemi. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Buku di Tokopedia sebesar hampir 2,5 kali lipat. Buku pengembangan diri, karier, anak, novel non-fiksi hingga religi menjadi produk yang paling populer.
5. Pertukangan
Tingginya aktivitas di rumah mendorong masyarakat merenovasi rumah. Terlihat dari peningkatan transaksi kategori Pertukangan yang mencapai lebih dari 2,5 kali lipat. Kertas dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak merupakan produk yang paling diminati.
"Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi, terutama di tengah pandemi. Caranya dengan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat," tutup Ekhel.
https://kamumovie28.com/movies/widows/
8 Pekerjaan yang Cocok untuk Gamer Sejati
Kalau kamu suka main game, ada beberapa pekerjaan yang cocok nih. Kamu bisa kerja sesuai hobi dan dibayar pula. Asyik banget kan!
Inilah aneka pekerjaan yang bisa dipilih untuk para gamers sejati. Semoga menjadi inspirasi:
1. Pro player
Tentu ini adalah profesi yang pertama terlintas bagi para gamers yang berminat terjun ke dunia gaming yang kompetitif. Menjadi pro player bisa dibilang merupakan impian para gamers. Ya, kapan lagi bisa dibayar karena bermain game? Ditambah lagi, gajinya di Indonesia kini bahkan melebihi UMR.
Kini, banyak pro player muda yang usianya masih di bawah 20 tahun namun sudah memiliki penghasilan melebihi karyawan kantoran. Selain dari gaji bulanan, para pro player ini juga biasanya mendapatkan penghasilan tambahan dari streaming hingga hadiah turnamen. Tentu hadiah turnamen ini yang paling menggiurkan karena nilainya bisa ratusan ribu dolar.
2. Content creator
Buat yang lebih suka sharing tentang game yang dimainkan, kalian bisa jadi content creator yang streaming di YouTube, Twitch, Nimo TV, atau pun platform live streaming lainnya. Menjadi content creator tak bisa instan. Kalian harus membangun channel kalian dari awal dan rutin meng-upload konten yang unik agar bisa direkomendasikan dan ditonton banyak orang. Selain itu, kalian juga harus mempersiapkan konsep dan peralatan dengan matang supaya bisa menghasilkan konten yang berkualitas.
Banyak juga pro player esports yang banting setir jadi content creator. Penghasilan mereka tentunya tak perlu dipertanyakan lagi karena mereka yang sukses menjadi content creator mendapatkan penghasilan besar dari viewers dan ads. Tapi, untuk mencapai ke situ, kalian harus mulai dengan merancang persona, kemampuan editing video yang menarik, hingga mata yang jeli buat melihat konten yang sedang ramai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar