Jumat, 04 Juli 2014

Ini Dia Tempat Favorit Bekerja Mahasiswa Ekonomi RI

Sebuah lembaga global employer branding, Universum Indonesia mengeluarkan peringkat untuk kategori The Most Attractive Employers in Indonesia-TOP 100 Ideal Employers 2014.

Peringkat ini mencatat, kementerian atau lembaga dan perusahaan paling dituju oleh lulusan mahasiswa generasi Y.

Hasil dari peringkat ini didapat dari survei kepada 12.000 mahasiswa dan mahasiswi di Indonesia pada Februari-April 2014 lalu.

Berdasarkan rilis yang diterima detikFinance, Kamis (3/7/2014), hasil survei secara garis besar menunjukkan bagi para lulusan, perusahaan Lokal Indonesia dianggap lebih ideal dibandingkan perusahaan asing. Hal ini dikatakan sekitar 50% dari total Top 20 Ideal Employers diantara mahasiswa Ekonomi, Teknik, dan Sosial adalah perusahaan lokal.

Secara keseluruhan Bank Indonesia merupakan Top 1 Ideal Employer di kalangan mahasiswa ekonomi dan hukum. Di sisi lain Pertamina merupakan Top 1 Ideal Employer untuk mahasiswa/i Teknik dan MIPA.

Survei juga menunjukkan para mahasiswa dan mahasiswi jurusan sosial memilih Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sebagai Top 1 Ideal Employer. Kemudian Google yang dipilih sebagai The World’s Most Attractive Ideal Employers 2013 menempati posisi Top 1 Ideal Employer dikalangan mahasiswa TI di Indonesia.

Berikut daftar 10 tujuan kerja paling diminati oleh mahasiswa jurusan bisnis.

1. Bank Indonesia

Bank Indonesia adalah bank sentral Indonesia yang mengurusi sektor moneter. Banyak orang ingin bekerja di salah satu lembaga pemerintahan ini. Mungkin gengsinya cukup tinggi bagi mahasiswa ekonomi untuk bekerja di sini.

2. Pertamina

Perusahaan migas nomor wahid di Indonesia ini menduduki peringkat kedua tujuan kerja paling digandrungi mahasiswa jurusan ekonomi, versi Universum. Bukan lagi rahasia umum besaran gaji orang yang bekerja di perusahaan minyak.

Selain itu, Pertamina merupakan BUMN. Tunjangan hari tua, dana pensiun ,dan tunjangan-tunjangan lain pun pasti didapat jika bekerja di tempat ini.

3. Kementerian Keuangan

Selain Bank Indonesia, lembaga pemerintahan yang paling dituju oleh mahasiswa jurusan ekonomi adalah Kementerian Keuangan. Sebagai informasi, gaji di Kementerian Keuangan memang lebih baik ketimbang kementerian lainnya.

4. Unilever

Unilever adalah salah satu perusahaan multinasional asal Inggris yang menyediakan barang-barang konsumsi, seperti sabun, makanan dan barang konsumsi yang umumnya untuk rumah tangga ini.

Perusahaan ini sangatlah besar dan memiliki banyak perusahaan di banyak negara, termasuk Indonesia. Untuk mahasiswa ekonomi, Unilever adalah perusahaan paling favorit keempat untuk dituju jika mereka lulus.

5. Google

Siapa yang tak tahu situs pencarian terbesar di dunia ini. Setiap orang bermain internet, pasti tak lupa mengunjungi situs ini. Semua orang mungkin ingin bekerja di google. Google memiliki nama besar dan gengsi yang tinggi.

6. Astra International

Astra adalah perusahaan yang bergerak di banyak sektor di Indonesia, dan berskala besar. Perusahaan ini bergerak di sektor otomotif, penyewaan alat berat, pertambangan, hingga perkebunan kelapa sawit. Karena itu perusahaan yang didirikan oleh Tjia Kian Tie dan alm. William Soerjadjaja di 1957 ini digandrungi mahasiswa jurusan ekonomi sebagai tujuan kerja.

7. Garuda Indonesia

Satu lagi BUMN melengkapi daftar 10 perusahaan yang lain diminati lulusan ekonomi. Garuda Indonesia adalah BUMN maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, tak heran banyak yang ingin bekerja di sini. Mungkin juga khusus untuk kru kabin, alasan tambahan karena mereka ingin bekerja sambil jalan-jalan.

8. Kementerian Luar Negeri

Menjadi seorang diplomat adalah salah satu cita-cita kebanyakan mahasiswa jurusan ekonomi. Buktinya, Kementerian Luar Negeri masuk daftar ke-8 tempat kerja paling dituju oleh para lulusan kuliah jurusan ekonomi. Selain itu, karena Kementerian Luar Negeri adalah lembaga pemerintah.

9. Chevron Indonesia

Satu lagi perusahaan minyak dan gas (migas) yang ada dalam daftar ini selain Pertamina, Chevron Indonesia. Bedanya dengan Pertamina, Chevron adalah perusahaan migas swasta yang merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) BPMIGAS, Chevron Indonesia memproduksi migas sebagian besar dari lepas pantai Kutai yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

10. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kemenparekraf melengkapi daftar kementerian yang ada dalam daftar menjadi 3. Tak jauh berbeda dengan kementerian-kementerian lain, yang bekerja di Kemenparekraf adalah PNS.

Bisa jadi ada alasan khusus bagi mahasiswa jurusan ekonomi yang ingin bekerja di sini, yaitu bisa melihat kekayaan wisata di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.



Sumber : http://finance.detik.com/read/2014/07/03/122928/2626667/4/6/ini-dia-tempat-favorit-bekerja-mahasiswa-ekonomi-ri--2-#bigpic

Selasa, 01 Juli 2014

Piala Dunia Pecahkan Rekor Streaming Online

Pertandingan Amerika vs Jerman yang berbarengan dengan Portugal vs Ghana pada Kamis pekan lalu memecahkan rekor streaming online. Seluruh mata penggemar sepak bola di dunia maya tertuju pada keduanya.

ABC News, Senin (30/6/2014) mengutip data yang dirilis Akamai Technologies melansir, trafik streaming online pada saat kedua pertandingan berlangsung mencapai 6,8 terabits per detik.

Bagi Akamai, ini menguntungkannya. Perusahaan delivery content networkmendistribusikan video online dan bekerja dengan lebih dari 50 pemegang hak siar streaming Piala Dunia di seluruh dunia.

"Tingkat konsumsi sebanyak itu sangat tinggi untuk siaran acara olahraga live yang disajikan Akamai. Dan menjadi event terbesar yang didistribusikan melalui platform ini," ujar juru bicara Akamai Chris Nicholson.

Piala Dunia 2014 memang berbeda dibandingkan sebelumnya. Selain disebut-sebut sebagai pesta sepakbola dunia dengan banyak teknologi canggih, para fans pun punya banyak cara baru menikmati perhelatan.

Layanan streaming online pertandingan menjadi laris manis, dari mulai TV, komputer sampai smartphone. Setiap orang bisa menonton sepak bola di mana saja melalui berbagai perangkat.

Lini sosial media pun tak kalah heboh. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram turut ramai oleh para suporter bola. Studi Adobe Systems beberapa waktu lalu menyebutkan, ajang empat tahunan ini berpotensi memecahkan rekor social media.

Frasa 'World Cup' sendiri saja, menghasilkan 19 juta social mention sejak Juni 2013, di 196 negara. Studi ini menganalisa kemeriahan dan sentimen pra Piala Dunia di berbagai jejaring sosial, termasuk Facebook, Tumblr, Instagram dan Twitter.

Laporan global memperlihatkan, ada lebih dari 69 juta social mention di 230 negara dan wilayah, yang berhubungan dengan tim kesebelasan dan para pemain yang mengikuti turnamen ini.

Sebelumnya, acara TV yang paling banyak diperbincangkan pengguna Twitter adalah Super Bowl XLVIII di Fox, dengan 15,3 juta tweeps yang menghasilkan total 1,8 miliar tweet mengenai pertandingan tersebut. Ajang Piala Dunia, diprediksi akan jauh melampaui angka ini.



Warnai Bulan Suci, Twitter Rilis Fitur Ramadan


Ramadan 2014 tiba, dan Twitter ikut ambil bagian mewarnai bulan suci bagi umat muslim ini. Layanan mikroblooging tersebut menghadirkan sejumlah fitur khusus Ramadan yang menarik.

"Ramadan adalah peristiwa penting di seluruh dunia. Penuh dengan perayaan, melibatkan banyak teman dan keluarga," ujar Ahmad AbouAmmo, Head of Media Partnerships Twitter untuk wilayah MENA (Middle East and North Africa) seperti dikutip dari blog resmi Twitter, Minggu (29/6/2014).

"Kami ingin melihat kegembiraan Anda berbagi momen istimewa ini di Twitter," sambungnya. Adapun fitur-fitur tersebut antara lain hashflag, waktu Iftar atau berbuka puasa dan tweet map.

Hashflag Ramadan

Hashflag ini rupanya tak hanya ditujukan untuk memeriahkan Ramadan, tetapi sudah dipersiapkan untuk menyambut Idul Fitri nantinya. Coba Anda gunakan hashtag #Ramadan atau #Eid pada tweet, akan muncul simbol bulan sabit dan ikon Idul Fitri.

Ya, ini mirip seperti hashflag bagi para fans sepak bola. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Twitter merilis hashflag yang menampilkan bendera tim kesayangan dengan mengetikkan kode tiga huruf negara peserta Piala Dunia.

Cari tahu waktu berbuka

Bekerjasama dengan Al Arabiya, Twitter menawarkan fitur spesifik berbasis lokasi yang memberitahukan waktu berbuka. Cara menggunakannya, dengan mengirim tweet ke akun @alarabiya dengan hashtag #iftar diikuti kota tempat Anda tinggal disertai hashtag. Misalnya, "@alarabiya What time is #iftar today in #Jakarta".

Akun Twitter tersebut dengan cepat merespons dengan menginformasikan waktu magrib atau berbuka di wilayah Jakarta, Indonesia, dengan tepat. Cara ini juga digunakan untuk mengetahui waktu imsak yakni dengan menuliskan hashtag #imsak pada tweet yang dikirimkan ke @alarabiya

Tweet Map

Ramadan dirayakan oleh jutaan muslim. Anda bisa melihat dengan jelas di mana saja saudara-saudara dari seluruh dunia yang sedang membicarakan dan nge-tweet berkaitan dengan Ramadan melalui map interaktif besutan Simon Rogers.

Untukmengetahui lebih lanjut mengenai tweet map ramadan, Anda bisa mengunjungi tautan http://bl.ocks.org/anonymous/raw/2f1e9a5a74ceeb88e977/

Menarik bukan? Menurut penilaian detikINET, dari ketiga fitur tersebut, fitur Iftar time yang paling berguna, terutama ketika Anda sedang di perjalanan dan sudah akan mendekati waktu berbuka.

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan!


Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/06/30/140535/2623183/398/piala-dunia-pecahkan-rekor-streaming-online?i992202105