ABC News, Senin (30/6/2014) mengutip data yang dirilis Akamai Technologies melansir, trafik streaming online pada saat kedua pertandingan berlangsung mencapai 6,8 terabits per detik.
Bagi Akamai, ini menguntungkannya. Perusahaan delivery content networkmendistribusikan video online dan bekerja dengan lebih dari 50 pemegang hak siar streaming Piala Dunia di seluruh dunia.
"Tingkat konsumsi sebanyak itu sangat tinggi untuk siaran acara olahraga live yang disajikan Akamai. Dan menjadi event terbesar yang didistribusikan melalui platform ini," ujar juru bicara Akamai Chris Nicholson.
Piala Dunia 2014 memang berbeda dibandingkan sebelumnya. Selain disebut-sebut sebagai pesta sepakbola dunia dengan banyak teknologi canggih, para fans pun punya banyak cara baru menikmati perhelatan.
Layanan streaming online pertandingan menjadi laris manis, dari mulai TV, komputer sampai smartphone. Setiap orang bisa menonton sepak bola di mana saja melalui berbagai perangkat.
Lini sosial media pun tak kalah heboh. Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram turut ramai oleh para suporter bola. Studi Adobe Systems beberapa waktu lalu menyebutkan, ajang empat tahunan ini berpotensi memecahkan rekor social media.
Frasa 'World Cup' sendiri saja, menghasilkan 19 juta social mention sejak Juni 2013, di 196 negara. Studi ini menganalisa kemeriahan dan sentimen pra Piala Dunia di berbagai jejaring sosial, termasuk Facebook, Tumblr, Instagram dan Twitter.
Laporan global memperlihatkan, ada lebih dari 69 juta social mention di 230 negara dan wilayah, yang berhubungan dengan tim kesebelasan dan para pemain yang mengikuti turnamen ini.
Sebelumnya, acara TV yang paling banyak diperbincangkan pengguna Twitter adalah Super Bowl XLVIII di Fox, dengan 15,3 juta tweeps yang menghasilkan total 1,8 miliar tweet mengenai pertandingan tersebut. Ajang Piala Dunia, diprediksi akan jauh melampaui angka ini.
Warnai Bulan Suci, Twitter Rilis Fitur Ramadan
Ramadan 2014 tiba, dan Twitter ikut ambil bagian mewarnai bulan suci bagi umat muslim ini. Layanan mikroblooging tersebut menghadirkan sejumlah fitur khusus Ramadan yang menarik.
"Ramadan adalah peristiwa penting di seluruh dunia. Penuh dengan perayaan, melibatkan banyak teman dan keluarga," ujar Ahmad AbouAmmo, Head of Media Partnerships Twitter untuk wilayah MENA (Middle East and North Africa) seperti dikutip dari blog resmi Twitter, Minggu (29/6/2014).
"Kami ingin melihat kegembiraan Anda berbagi momen istimewa ini di Twitter," sambungnya. Adapun fitur-fitur tersebut antara lain hashflag, waktu Iftar atau berbuka puasa dan tweet map.
Hashflag Ramadan
Hashflag ini rupanya tak hanya ditujukan untuk memeriahkan Ramadan, tetapi sudah dipersiapkan untuk menyambut Idul Fitri nantinya. Coba Anda gunakan hashtag #Ramadan atau #Eid pada tweet, akan muncul simbol bulan sabit dan ikon Idul Fitri.
Ya, ini mirip seperti hashflag bagi para fans sepak bola. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Twitter merilis hashflag yang menampilkan bendera tim kesayangan dengan mengetikkan kode tiga huruf negara peserta Piala Dunia.
Cari tahu waktu berbuka
Bekerjasama dengan Al Arabiya, Twitter menawarkan fitur spesifik berbasis lokasi yang memberitahukan waktu berbuka. Cara menggunakannya, dengan mengirim tweet ke akun @alarabiya dengan hashtag #iftar diikuti kota tempat Anda tinggal disertai hashtag. Misalnya, "@alarabiya What time is #iftar today in #Jakarta".
Akun Twitter tersebut dengan cepat merespons dengan menginformasikan waktu magrib atau berbuka di wilayah Jakarta, Indonesia, dengan tepat. Cara ini juga digunakan untuk mengetahui waktu imsak yakni dengan menuliskan hashtag #imsak pada tweet yang dikirimkan ke @alarabiya
Tweet Map
Ramadan dirayakan oleh jutaan muslim. Anda bisa melihat dengan jelas di mana saja saudara-saudara dari seluruh dunia yang sedang membicarakan dan nge-tweet berkaitan dengan Ramadan melalui map interaktif besutan Simon Rogers.
Untukmengetahui lebih lanjut mengenai tweet map ramadan, Anda bisa mengunjungi tautan http://bl.ocks.org/anonymous/raw/2f1e9a5a74ceeb88e977/
Menarik bukan? Menurut penilaian detikINET, dari ketiga fitur tersebut, fitur Iftar time yang paling berguna, terutama ketika Anda sedang di perjalanan dan sudah akan mendekati waktu berbuka.
Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan!
Sumber : http://inet.detik.com/read/2014/06/30/140535/2623183/398/piala-dunia-pecahkan-rekor-streaming-online?i992202105
Tidak ada komentar:
Posting Komentar