Dalam mencari konsumen potensial dan mengarahkan lalu lintas ke situs web bisnis Anda, forum online dapat menjadi platform yang bagus. Ini adalah lokasi di mana pengguna web secara informal berinteraksi satu sama lain tentang topik yang dipilih. Hal ini terutama mengapa pemasaran forum dapat bermanfaat, karena Anda mungkin dapat menemukan sekelompok pelanggan potensial semua di satu tempat. Misalnya, Anda dapat mencari topik yang menarik yang berhubungan dengan produk Anda dan kemudian menggunakan forum utama untuk memasarkan produk atau jasa anda.
Hal ini dapat dilakukan melalui halaman media sosial, rekomendasi, dan interaksi langsung. Ketika melakukan hal ini, Anda harus memastikan bahwa Anda menghindari beberapa kesalahan umum pemasaran forum.
Pertama, Anda tidak harus memasarkan layanan Anda melalui username tamu di forum populer. Hal ini dapat terlihat seperti spamming, dan dapat menyebabkan Anda dilarang secara permanen. Hal ini juga akan membuat pemasaran Anda terlihat berantakan dan tidak meyakinkan. Oleh karena itu, selalu mendaftarkan diri, sebaiknya dengan nama merek Anda, dan menggunakan identifikasi yang sama untuk mengirim informasi di sekitar forum.
Kedua, Anda harus menghindari pemasaran langsung dan tiba-tiba. Pengguna web saat ini cukup efisien untuk membedakan strategi pemasaran yang baik dan yang menipu. Jika Anda segera mulai menggunakan username anda untuk mengirim back-link dan informasi langsung tentang produk Anda, pada akhirnya akan meninggalkan dampak negatif pada semua orang yang melihat. Tentu, hal ini tidak membuat Anda tampak seperti Anda memberikan solusi, tapi seolah Anda hanya mencoba untuk menghasilkan uang cepat. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda membantu pelanggan potensial dengan tepat dan membuat rekomendasi untuk produk hanya jika mereka benar-benar tampaknya membutuhkannya.
Selain itu, Anda harus memastikan bahwa Anda menghindari semua strategi penipuan yang mungkin membuat Anda dalam kesulitan nanti. Sebagai contoh, praktek yang sangat umum adalah membuat beberapa account di forum dan posting informasi berpura-pura menjadi pengguna biasa. Hal ini mungkin akhirnya diakui sebagai spamming, yang dapat meninggalkan dampak negatif pada bisnis Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menggunakan strategi yang legal dan sesuai untuk pemasaran forum.
Kesalahan lain yang harus Anda hindari adalah mencoba untuk menyembunyikan tanggapan negatif. Seringkali, ulasan negatif tidak terlihat dari pandangan dengan memuat halaman dengan yang positif. Cara yang lebih baik untuk menghadapi kritik negatif adalah untuk menanggapi hal itu dengan sopan dan membicarakannya dengan pelanggan. Alih-alih mengabaikan keluhan memalukan, yakinkan pelanggan bahwa Anda akan mengurus masalah akan membuat reputasi bisnis Anda menjadi positif.